Jumat, 15 Juni 2012

arti Jet Lag apa sih?

Pernah dengar gak bro Lagunya Simple plan feat kotak? sebenarnya versi aslinya sih Simple plan feat Natasha Bedingfield, judulnya Jet Lag.
ada bagian liriknya yang bilang gini nih "You say 'good morning' When it's 'midnight' Going out of my head Alone in this bed,, I wake up to your sunset And it's driving me mad"
kalo gak salah artinya tuh, "kamu bilang 'selamat pagi' saat disini 'tengah malam' yang keluar dari kepalaku saat sendirian ditempat tidur ini, aku terbangun saat matahari terbenam ditempatmu dan itu membuatku gila." (sorry kalo salah artinya, maklum english gue pas-passan.. hehe,, :-D )
maksud kata-katanya simple plan tuh mengindikasikan bahwa dia dan pacarnya lagi berada ditempat dan waktu yang berbeda, dan perbedaan waktunya tuh sangat jauh. Nah, itulah salah satu contohnya Jet Lag.

Lalu apa itu Jet Lag?
dari Lagu Simple plan tadi bisa kita ambil sedikit penjelasan, gini nih,,
saat kita melakukan perjalanan antara dua tempat yang beda waktunya sangat jauh, misalnya beda waktu 12 atau 13 jam. dari indonesia ke Amerika atau sebaliknya, waktu diIndonesia siang tapi di Amerika tuh menjelang tengah malam, nah, saat di Indonesia harusnya kita beraktifitas tapi di Amerika orang pada mau tidur, proses tubuh kita menyesuaikan waktu saat berada dalam perjalanan dari indonesia ke amerika atau sebaliknya yang dimana harusnya kita beraktifitas tapi ditempat itu adalah waktunya tidur, saat mau tidur adalah waktunya beraktifitas.
Nah, proses perubahan waktu ini yang membuat tubuh tidak nyaman sehingga menimbulkan Jet Lag.

Secara definisi jet lag adalah perasaan tidak nyaman yang diakibatkan oleh penerbangan jarak jauh, terutama jika terbang ke arah timur. Karena seperti menentang putaran waktu, ibaratnya jika mendayung ke arah hulu akan lebih capai dan bertenaga daripada ke arah hilir. Kabar baiknya jika terbang dari selatan ke utara, semisal Indonesia Timur ke Jepang yang masih dalam satu zona waktu, relatif tidak menimbulkan jet lag. (sumber : www.inilah.com/read/detail/3197/ada-apa-dengan-jet-lag).

1 komentar: