Rabu, 13 Juni 2012

Arti Pengetahuan

      Setiap hari pasti kita sebagai manusia pasti sering mendengar kata Pengetahuan, dimulai dari waktu kita masih kecil, sekolah, hingga dewasa. Setiap harinya, kita hidup dalam pengetahuan, mencari pengetahuan dan belajar dari pengetahuan. pengetahuan merupakan kunci yang terpenting dalam kehidupan seseorang, baik secara individu maupun universal.Tanpa pngetahuan seseorang tidak akan hidup layaknya manusia pada umumnya karena manusia sudah ditakdirkan hidup oleh Sang Pencipta dengan akal pikiran serta pengetahuan yang luar biasa.
      Pada dasarnya setiap manusia pasti memiliki pengetahuan yang sama, yang membedakannya adalah seberapa luas pengetahuan yang dimiliki oleh masing-masing individu.
Pengetahuan merupakan jalan bagi seseorang dalam mencapai kesuksesan tertentu dimana semua pengetahuan tersebut didapat dari berbagai macam sumber yang telah disediakan Tuhan pada manusia.

Tapi, apakah sebenarnya arti pengetahuan itu sendiri?
ada beberapa versi arti dari Pengetahuan menurut para ahli.

1. Menurut pendapat Gordon (1994 : 57) pengertian pengetahuan adalah struktur organisasi pengetahuan yang biasanya merupakan suatu fakta prosedur dimana jika dilakukan akan memenuhi kinerja yang mungkin.
2. Menurut pendapat Nadler (1986 : .62) pengertian pengetahuan adalah proses belajar manusia mengenai kebenaran atau jalan yang benar secara mudahnya mengetahui apa yang harus diketahui untuk dilakukan.
Lebih lanjut Gordon (1994 : 50) menyimpulkan bahwa pengetahuan (knowledge) merupakan dasar kebenaran atau fakta yang harus diketahui dan diterapkan dalam pekerjaan
Menurut pendapat Kraiger (1993 : 28) pada dasarnya pengetahuan (knowledge) dapat dibagi menjadi dua bagian yang saling berhubungan, yaitu:
1. Theoritical Knowledge
Pengetahuan dasar yang dimiliki karyawan seperti prosedur bekerja, moto dan misi perusahaan serta tugas dan tanggung jawab, informasi-informasi lainnya yang diperlukan dan yang diperoleh baik secara formal (sekolah, universitas) maupun dari non formal (pengalaman-pengalaman)
2. Practical Knowledge
Pengetahuan yang diberikan kepada karyawan dengan tujuan untuk memahami bagaimana dan kapan karyawan bersikap dan bertindak dalam menghadapi berbagai masalah dan penerapan prosedur kerja berdasarkan dari pengetahuan secara teori maupun dari pengalaman-pengalaman yang terjadi.
(Sumber: www.id.shvoong.com/social-sciences/education/2197076-pengertian-pengetahuan-menurut-para-ahli/#ixzz1xfO1xZA5)

Sebenarnya banyak teori mengenai pengertian Pengetahuan, namun yang menjadi dasar sebagai makna pengetahuan adalah bagaimana pengetahuan tersebut menjadi dasar pemikiran manusia.
Pengetahuan bisa menjadi sebuah jalan untuk menuju kesuksesan namun juga bisa membuat seseorang menjadi pelaku kegagalan yang merugikan pihak lain.

kesimpulannya, Pengetahuan juga bisa diartikan sebagai :
Informasi yang berstruktur yang berasal dari proses belajar kehidupan manusia dan menjadi dasar pemikiran seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar